Thursday, February 17, 2011

Ar(t)chitecture Go Abroad!

Seperti yang telah dijabarkan di postingan pertama kali, First Post Architecture. Ar(t)chitecture merupakan sebuah wadah yang menggabungkan dua topik sekaligus, Arsitektur dan juga Art (yang lebih mengarah pada Desain Grafis) tetapi keduanya tetap berada dijalur masing-masing. Walaupun kita semua tau bahwa Arsitektur itu juga merupakan bagian dari Art itu sendiri. So? kalau awal-awal postingan Admin telah 'berat sebelah' ke jalur Arsitektur, maka kali ini admin kembali mencoba memposting ke sesuatu yang berbau Desain Grafis. Logo.


Minggu, 13 Februari 2011 kemarin, Admin baru saja pulang dari weekend-an bareng teman-teman kosan refreshing sejenak ke Pantai Lampuuk, Banda Aceh. Siangnya, sekitaran pukul 2 siang, seperti biasa admin ngecek e-mail untuk baca-baca surat milis, notifikasi, dan info lainnya. Sampai akhirnya admin kaget, senang, dan nggak nyangka ngeliat e-mail dengan subject seperti ini :
"Congratulations, you've won a design contest prize!"

dari akun 99designs.com. Sempat nggak nyangka memang karena melihat track record kontes yang satu ini amatlah simpel.

Sedikit bercerita tentang 99designs.com, jadi 99Designs adalah sebuah marketplace yang mempersilahkan desainer grafis dari seluruh penjuru dunia untuk ikut dalam kontes desain baik itu desain logo, web page, t-shirt, dan kontes desain grafis lainnya. Sedikit berat memang karena mengingat kompetitor yang berasal dari seluruh dunia. Tapi, namanya iseng, tahun lalu admin mencoba untuk sign-up dan ikut-ikut beberapa logo, juga belakangan mencoba untuk mendalami kontes web design. Yah, beberapa design sempat mencuri hati para Contest Holder dan sempat dirate 5-Star tapi yang namanya belum rezeki, jadi belum ada desain yang menang. Berhubung, admin belajar design secara otodidak, dan freelance (baca: ogah-ogahan) karena harus membagi waktu antara kuliah juga, maka admin tak ambil pusing dengan design yang di-eliminated ataupun tidak di rate sama sekali. Yang penting emosi tersalurkan dan kalau ada waktu kosong akan submit desain lagi ke 99designs.

Kembali ke topik utama, admin langsung aja ngecek ke tkp dan benar, desain logo admin untuk Pacific Innovators ditetapkan sebagai pemenang. Alhamdulillah, emang yang namanya rezeki sudah ditetapkan oleh yang di Atas. Kita sebagai umat-Nya hanya berusaha dan juga berdoa. :). Dengan kemenangan pertama ini, Ar(t)chitecture telah menambahkan sebuah desain logo dalam portfolionya. :)

Pacific Innovators adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konsultansi bisnis di San Francisco, US. Logo untuk Pacific Innovators ini diminta agar simple, dan juga modern. Konsep logonya sendiri berpacu pada ide Pacific, Bisnis, dan Global (Seperti yang diinginkan klien), lalu admin mencoba untuk menggambarkan sebuah bola yang mengibaratkan bentuk globe yang kemudian bertransformasi hingga ke bentuk logo akhir (lihat gambar). Dengan Warna yang telah diinginkan oleh klien (90% Biru, 10% Oranye), maka admin ingin menyampaikan pesan Inovasi lewat setitik warna Oranye ditengah. Dengan unsur-unsur lainnya yang terdapat pada logo, seperti transformasi, gradasi warna, irama, dsb yang menjadikan logo hingga ke hasil akhir.

Seperti yang admin jelaskan sebelumnya, proses desain kali ini memang sedikit simpel karena CH tidak minta yang neko-neko, pada kontes-kontes yang sebelumnya, biasanya CH minta improvement ke desain yang kita upload sampai permintaan CH tercapai. Yah, layaknya proses asistensi pada dosen. Tapi yang namanya permintaan klien bisa saja berbeda-beda. Karena desain kali ini, admin yang mendapat nomor urut #2, sepertinya CH sudah jatuh cinta pada pandangan pertama, bisa dilihat dari feedback CH pada admin yang berisi;

" Congratulations! Your design is perfect! I actually almost selected it immediately."

Well, semoga saja dengan ini bisa memacu untuk kita semua untuk lebih giat lagi dan terus berkarya! tapi jangan lupa untuk tetap fokus di kuliahnya juga kalau memang memilih jalur 99designs sebagai jalur sampingan!

p.s: Oh ya, kalau ada yang ingin dibuatkan logo, boleh hubungi admin #promosi. :D

7 comments:

Anonymous said...

congratulations ya Ri. best! ri, cara nambah nametag di foto gimana?biar agak transparan

Unknown said...

Thanks Ru! :D

btw, itu fotonya emang background putih kali. kalo mau transparant, biasanya ari edit dulu di photoshop, n kalo mau nambah tooltip biasanya pake kode2 html gitu...

Anonymous said...

no, i mean. to put my name on my picture as trademark. kayak tau tapi belum nyoba :)

Unknown said...

Oh, kemaren pake software Picture Watermarker, tapi karena trialnya habis jadi sekarang pake Photoshop aja, opacitynya dikurangin...

Unknown said...

bagus ni infonya ,makasih ,ni ada lagi banyak mengenai freelance, kunjungi http://design-programming.blogspot.com untuk mengetahui tentang freelance, desainer maupun programmer.

Unknown said...

bagus designnya.... saya juga freelance di 99designs dan pengalaman saya sudah saya share di sini

http://pcudi.blogspot.com/

berkunjung juga ya.....

Unknown said...

terimakasih atas kunjungannya Mas, :)

*brb kunjungan balik*

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...