Friday, April 1, 2011

Kultwit #KlienArsitek by Ridwan Kamil

Source : MyToyHouse
Kultwit atau Kuliah Twitter bukanlah barang baru di dunia maya, khususnya mereka yang suka berkicau twitterland. Ridwan Kamil, lewat akun twitternya @ridwankamil, sudah sering berbagi tentang berbagai info, masalah, solusi, strategi, dan banyak hal mengenai dunia arsitektur, urban evolution, hingga ke gerakan JKT/BDG berkebun. Dan kali ini, Pak Emil, begitu sapaan akrab beliau, berbagi kepada followers-nya tentang pengalaman menghadapi klien-klien, khususnya bagi kamu yang berprofesi sebagai arsitek.

ArchitecTweeps sy mau bagi2 pengalaman hadapi klien2 arsitek. Mau?

  •  1. Usahakan anda langsung berhadapan dgn Sang 'decision maker'. Ini akan hemat energi dan biaya.
  •  2. Pilih tipe klienmu. Klien swasta lbh sy sukai. Klien pemerintah tdk saya sukai (korupsi. Blm apa2 minta potong fee 40 %).
  •  3. Kuasai dasar2 ilmu klienmu (ekonomi/properti/marketing). Kl tidak kamu hanya akan jadi tukang gambar mereka.
  •  4. Presentasilah dgn bahasa klienmu. Idemu akan lebih mudah diterima. Kurangi bhs/vocab Ars yg ribet kyk bhs planet.
  •  5. Scr diplomatis ajak klienmu 'seolah-olah' ikut mendesain. Maka proses keputusan desain terpilih akan cepat.
  •  6. Jangan pernah (Never !)tidak siap dgn materi presentasi. Kl perlu latihan dulu.
  •  7. Biasakan bawa 2-3 alternatif desain. Klien sering tidak suka dgn hanya lihat 1 ide. Terkesan ditodong.
  •  8. Ajak klien nonton slideshow best practice projects. Untuk upgrade knowledge. Penting, agar tdk sempit wawasannya.
  •  9. Jadikan klienmu sahabatmu. Hasilnya : sy diajak ke London, shanghai, Tokyo. gratis.
  •  10 tips dulu utk mlm ini ya. Besok2 lanjut. Ingat2 tips tadi. Pasti berguna dikemudian hari. Trust me.

Hmm, semoga aja info dari Pak Ridwan Kamil ini bisa bermanfaat buat kita ya!

1 comments:

Anonymous said...

merci beaucoup hariadi adhari for the info :)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...